Pages

Google+ Followers

Like Box

Follow Twitter

Chat Me

Minggu, 29 April 2012

Kompleksitas Studi Sosiologi Komunikasi

Menurut Liliwery mendefinisikan sosiologi komunikasi sebagai cabang dari sosiologi yang mempelajari atau yang menerangkan mengenai prinsip-prinsip keilmuan (ilmu sosial, sosiologi) tentang bagaimana proses komunikasi manusia dalam konteks komunikasi massa dari suatu masyarakat.

Melihat ulasan diatas, bisa ditarik kesimpulan sederhana bahwa sosiologi komunikasi adalah cabang dari sosiologi yang mempelajari bagaimana proses pertukaran pesan/informasi terjadi dalam masyarakat.
Studi sosiologi komunikasi bersifat interdisipliner dan terbuka terhadap sumbangan disiplin ilmu lain, yakni budaya, sosiologi, teknologi, negara, ekonomi, hukum, agama, administrasi dan lain-lain.


Sosiologi komunikasi merupakan komunikasi yang dilakukan dalam konteks sosial, dimana di dalamnya terdapat yang namanya objek, yakni manusia. Manusia disini adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Dalam konteks sosiologi komunikasi, manusia difokuskan pada interaksi sosialnya dengan manusia lainnya dalam masyarakat.

Masyarakat itu sendiri merupakan kumpulan orang-orang yang hidup berdampingan (hidup bersama) serta saling melakukan interaksi satu sama lain dalam suatu wilayah.  Dalam hal ini mereka terikat oleh aturan-aturan atau norma-norma sosial yang mereka tentukan dan taati. Selain itu, karena dalam masyarakat memiliki kepentingan yang berbeda-beda, maka mereka juga diatur oleh hukum. Dimana hukum merupakan keseluruhan peraturan hidup yang bersifat memaksa untuk mengatur kepentingan manusia dalam masyarakat.
Tidak hanya cukup dengan aturan, norma dan hukum. Masyarakat juga membutuhkan agama, yang merupakan sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan hubungan kepada pencipta serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.

Kemudian, masyarakat ini juga menghasilkan kebudayaan. Karena budaya itu muncul disebabkan adanya budhi yang berarti akal dan daya yang berarti perasaan. Kedua hal tersebut meliputi cipta, rasa dan karsa. Budaya itu sendiri merupakan hasil dari pemikiran manusia yang timbul dalam masyarakat, dimana hasil pemikiran tersebut berupa pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, adat istiadat, cara berpakaian, dan banyak lainnya, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat dan menciptakan kebahagiaan, keamanan, serta kedamaian.

Sosiologi komunikasi juga memiliki hubungan dengan ilmu ekonomi. Karena ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Dalam ilmu ekonomi ini juga di pelajari yang namanya administrasi, yaitu kegiatan atau usaha untuk membantu, melayani, mengarahkan, atau mengatur semua kegiatan di dalam mencapai suatu tujuan.

Semua hal diatas, baik ekonomi, sosial maupun budayanya diatur oleh pemerintahan yang berada dalam suatu negara. Negara juga merupakan suatu wilayah yang memiliki suatu sistem atau aturan yang berlaku bagi semua individu di wilayah tersebut, dan berdiri secara independent.

Untuk mengatur hal tersebut, pemerintah harus pintar dalam melakukan komunikasi dengan orang banyak. Komunikasi ini disebut juga dengan komunikasi massa, maka pemerintah harus menggunakan yang namanya teknologi komunikasi dan informasi. Teknologi komunikasi merupakan salah satu saluran yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Kemajuan teknologi sangat membawa dampak dan perubahan yang besar dalam hampir seluruh aspek masyarakat. Salah satunya media massa. Pengaruh media massa bagi masyarakat tidak bisa terlepas dari kemajuan dan kecanggihan teknologi komunikasi. Efek media massa ikut membentuk berbagai perubahan dalam masyarakat. Sebut saja, ada perubahan pola dan gaya hidup masyarakat. Karena apa yang dianggap penting oleh media pasti akan dianggap penting juga oleh audiens (orang banyak).

separador

0 komentar:

Poskan Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Selamat Datang

Translate

Pengunjung

Wikipedia

Hasil penelusuran

Entri Populer

Followers

Share It